isi museum macan jakarta

Apa Saja Sih Isi Museum Macan Jakarta?

PiknikAsyik.Com Tempat wisata di Jakarta Barat yang dibuka 4 November 2017 ini ngehits di akhir tahun 2017 berkat keberadaan Infinity Mirrored Room yang instagramable. Tapi sebenarnya gak cuma itu, koleksi seni isi dari Museum Macan Jakarta pun gak kalah menariknya.

Jadi, jangan ngebayangin bakalan menemukan koleksi hewan di dalam Museum ini ya, karena museum macan ini adalah museum seni, bukan museum koleksi hewan yang diawetkan.

Saat kamu masuk ke Museum Macan Kebun Jeruk Jakarta, kamu akan mendapatkan berbagai macam benda seni modern dan kontemporer yang dipajang di sana.

Koleksi seni dari Museum Macan Jakarta Barat ini merupakan koleksi pribadi dari si pendiri Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara atau disingkat Museum Macan.

Haryanto Adikoesoemo, sang pendiri Museum Macan, telah mengoleksi sekitar 800 karya seni dari dalam negeri dan berbagai penjuru dunia selama 25 tahun sebelum kemudian menginisiasi untuk dibentuknya institusi pendidikan seni bernama Museum Macan ini.

Pada awal-awal dibukanya Museum Macan, pengunjung Museum ini benar-benar membludak. Untuk dapat foto-foto di Infinity Mirrored Room, pengunjung harus rela antri berjam-jam hanya untuk mendapatkan waktu maksimal 45 detik berada di dalam ruangan kotak ukuran sekitar 3 x 6 meter ini.

gambar museum macan jakarta
infinity mirrored room, salah satu isi Museum Macan, foto by akun instagram @museummacan

Saat ini, pengunjung sudah tidak terlalu ramai, dan antrian masuk ke dalam museum pun tidak seramai di awal.

Pengunjung bisa lebih menikmati keindahan isi Museum Macan Jakarta dengan berbagai bentuk dan hasil kreasi yang terkadang akan menimbulkan penafsiran berbeda di antara para pengunjung sendiri.

Kendaraan Umum Menuju Museum Macan Jakarta

Lokasi Museum Macan Jakarta sendiri berada di kawasan Kebun Jeruk Jakarta Barat, tidak jauh dari Studio RCTI.

Alamat Museum Macan Jakarta selengkapnya berada di:
AKR Tower Level MM
Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk
Jakarta Barat 11530
Indonesia

Untuk kamu yang mau berkunjung ke Museum Macan Kebun Jeruk Jakarta Barat menggunakan angkutan umum atau transportasi masal, kamu bisa naik Bus Tranjakarta atau Tije dari Harmoni Jurusan Lebak Bulus, lalu turun di Halte 8 Kebun Jeruk.

Dari Halte Busway Kebun Jeruk ini, tinggal jalan kaki sebentar saja (sekitar 500 meter) menuju ke alamat Museum Macan Jakarta.

Kalau males jalan kaki, kamu bisa naik angkot warna merah dengan tarif 3 ribu rupiah saja. Namun, sebelum naik angkot, tanya dulu apakah angkot melewati Museum Macan atau tidak.

Jika kamu menggunakan kereta api, kamu bisa turun di Stasiun Palmerah dan lanjut saja menggunakan transportasi online menuju Museum Macan Jakarta.

Overall, transportasi ke Museum Macan cukup mudah, bisa menggunakan kendaraan umum atau pesan Gojek, GoCar, Grab, Uber, dll.

foto museum macan jakarta
koleksi seni museum macan by @musemmacan

Koleksi Isi Museum Macan Jakarta Barat

Isi Museum Macan Jakarta yang paling laris di awal pembukaannya adalah Infinity Mirrored Room tadi, sebuah ruangan dengan ukuran sekitar 3 x 6 meter yang instagramable banget buat foto-foto.

Sayangnya, tiap orang hanya bisa masuk ke sini selama 45 detik, dan kalau lagi ramai bisa dipangkas jadi 30 detik atau kurang.

Dari luar, Infinity Mirrored Room ini terlihat hanya berupa bangunan putih kotak. Namun, setelah masuk ke dalam, keajaiban pun muncul dari variasi kaca-kaca yang memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan ini jadi tampak sangat lebar, tidak seperti aslinya.

Efek tipuan dari cermin kaca-kaca inilah yang membuat ruangan berwarna-warni dan tampak sangat lebar.

Untuk foto di dalam ruangan, kamu harus foto sendiri, karena penjaga museum gak akan mau membantu kamu ambil foto, demikian prosedur dari Museum, katanya.

Selama berada di dalam Museum Macan Jakarta, kamu gak dilarang membawa jenis kamera apapun. Boleh bawa kamera DSLR dan sebagainya.

Tapi, penggunaan flash dilarang.

Selain itu, kamu juga dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam museum. Kamu bisa menitipkan barang bawaan kamu ke tempat yang telah ditentukan, gratis.

isi museum macan yang berjudul WTS Dandan dari Djoko Pekik
isi museum macan yang berjudul WTS Dandan dari Djoko Pekik

Kembali lagi ke soal isi dari Museum Macan Jakarta, mayoritas isi dari Museum Jakarta adalah berupa lukisan dari pelukis Indonesia dan manca negara.

Global Hunter by Balincourt, koleksi museum macan
Global Hunter by Balincourt, koleksi museum macan

Lukisan pun tidak hanya terbuat dari cat air di atas kanvas. Beberapa lukisan koleksi dari Museum Macan terbuat dari bubuk mesiu, kolasi kliping, pasir warna (seperti lukisan bendera negara ASEAN), dan bahan lainnya.

Island of Bali by Miguel Covarrubias di museum macan
Island of Bali by Miguel Covarrubias di museum macan

Selain lukisan, masih ada benda seni 3G lainnya yang bisa kamu nikmati selama tur jalan-jalan di dalam Museum Macan.

Penasaran dengan isi dari Museum Macan Jakarta? Segera kunjungi Museum Macan di daerah Kebun Jeruk.

Informasi HTM Museum Macan silakan baca: Lokasi dan Harga Tiket Masuk Museum Macan Jakarta.

Untuk menghemat harga masuk Museum Macan jika kamu sering berkunjung ke sini, silakan daftar membership dengan biaya 300 ribu rupiah per tahun.

Tiket museum macan untuk pelajar lebih murah, so jangan lupa bawa kartu pelajar ya.

Museum macan buka dari Jam 10 pagi s.d. jam 7 malam pada hari Selasa sampai Minggu. Hari Senin Museum Macan libur, gak buka.

Untuk melihat foto-foto gambar isi Museum Macan Jakarta, kamu bisa lihat akun instagram museum macan.